Pengikut

RSS

Modul IPS Kelas 5 Semester 2

 Modul IPS Kelas 5 Semester 2

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Modul IPS Klas 5 Semester 1

 silihkan download di bawah ini

Modul IPS Kelas 5 Semester 1

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

ANUGRAH GTK 2021

 

ANUGERAH GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH BERPRESTASI

TAHUN 2021

 

MENGGALI POTENSI PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI DI MIN 7 SRAGEN

 

Makalah disampaikan dalam rangka mengikuti “ Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi ” Tahun 2021

 

 

 

 

Disusun Oleh

Nama : Azis Salimi,S.Ag

NIP.     : 197005031998031003

NUPTK           :7835 7486 5021 0132

Jabatan : Guru

 

 

MIN 7 SRAGEN

DRUGAN RT 07 TROBAYAN KALIJAMBE SRAGEN JAWA TENGAH

i


KATA PENGANTAR

 

Bismillaahirrahmaanirrahim,

Alhamdulillah, segala puja penulis  panjatkan kehadirat Allah SWT, karena hanya berkat rahmat dan karunia-Nya,  telah memberi kemudahan dalam menyusun makalah ini guna memenuhi tugas dalam keikutseraan “ Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi Tahun 2021” sehingga makalah ini dapat kami selesaikan dengan baik.

Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada  Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari jalan yang penuh kegelapan ke jalan yang penuh dengan cahaya yaitu Agama Islam.

Mungkin  terdapat kesalahan dan kekurangannya, penulis sebagai manusia biasa yang tak terlepas dari kesalahan dan kekurangan, sangat mengharapkan bimbingan dan kritik dari berbagai pihak, dengan harapan penulis dapat menyempurnakan segala kesalahan dan kekurangan dari makalah ini.

Oleh karena itu sudah sepatutnya jika penulis menyampaikan ucapan terima kasih, rasa hormat dan penghargaan  kepada :

1.   Kepala MIN 7 Sragen Siti Marwiyah,S.Ag,  M.Pd.I

2.   Teman-teman guru dan karyawan MIN 7 Sragen.

 

Hanya untaian do’a yang dapat kami panjatkan semoga amal baik rekan-rekan  di terima oleh Allah SWT. Dan menjadi amal saleh yang senantiasa mengalir keharibaan penguasa alam semesta.

Akhirnya kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh sekali dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang mampu membangkitkan jiwa kami, sangat diharapkan. Mudah-mudahan makalah  ini mamapu memberi manfaat serta menunjang ilmu pengetahuan bagi penullis khususnya dan bagi para guru lainnya. Serta senantiasa mendapat ridho Allah SWT. Amin.

 

Sragen,   Oktober  2021

ii

DAFTAR ISI

 

Halaman Judul ………………………………………………………………

Kata Pengantar ………………………………………………………………

Daftar isi ……………………………………………………………………

i

ii

iii

BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………….

1.1  Latar Belakang Masalah ……………………………………………….

1.2  Rumusah Masalah ……………………………………………………

1.3  Tujuan Penulisan ……………………………………………………….

1.4  Manfaat Penulisan ……………………………………………………

1

2

2

2

2

BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………

2.1  Pengertian Potensi Peserta Didik  dan Pandemi…………………….

2.2  profil MIN 7 Sragen  ………………………………………………

2.3  Aspek-Aspek Potensi Peserta Didik…………………………………….

4

6

7

8

BAB III : Penutup …………………………………………………………

A.  Kesimpulan ……………………………………………………………

B.  Saran …………………………………………………………

9

9

9

Daftar Pustaka ……………………………………………………

10

 

iii

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  

·     Latar Belakang Masalah

Upaya peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan dan standar kompetensi pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan, kompetensi menunjukkan kepada perbuatan yang bersifat rasional untuk mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

Kompetensi (kemampuan) bisa  diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan, termasuk halnya indicator keberhasilan peserta didik tidak terlepas dari menggali potensi peserta didik yang masih terpendam untuk dikeluarkan hingga membuahkan hasil yang sangat luar biasa.

Pemikiran semacam itu yang penulis melatarbelakangi menggali sejauh mana potensi peserta didik dari sekian banyak untuk digali tentunya dengan beberapa percobaan dan Latihan.

 

Kompetensi (kemampuan) ini diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan. Salah satu faktor yang paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar adalah guru. Seorang guru perlu memiliki kemampuan untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan minat gairah serta semangat belajar mereka.

Guru sebagai penggali potensi dimaksud adalah guru yang mampu menentukan , dan menemukan bakat diri peserta didik untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prastasi belajar siswa yang baik.

 

1

Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi pada perkembangan peserta didik dalam hal ini kaitanya dengan Pendidikan juga membantu proses perkembangan siswa.

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui  proses kegiatan belajar mengajar. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu mengharapkan akan mengahasilkan pembelajaran yang maksimal.

 Berhasil  atau  tidaknya  seorang anak dalam pendidikan   tergantung  pada  proses  belajar  yang  dialami oleh anak tersebut.

Dalam hal ini, campur  tangan gurulah yang sangat di nanti, sehingga sukses melahirkan kader-kader pengubah bagi Indonesia masa depan yang lebih maju

Dari beberapa paparan diatas maka penulis  dalam hal ini akan mengadakan kajian atau penelitian   yang berjudul Menggali Potensi Peserta Didik pada Masa Pandemi di MIN 7 Sragen

·     Rumusan Masalah

Bertolak dari latar uraian di atas, maka masalah-masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

1.   Bagaimana seorang pendidik mampu menggali potensi peserta didik pada masa pandemi?

·       Tujuan Penulisan

Tujuan penelitian adalah :

1.   Untuk mengetahui seorang pendidik dalam menggali potensi peserta didik di masa pandemi.

·       Manfaat Penulisan

Penulisan ini mempunyai beberapa kegunaan penelitian, di antaranya adalah:

Bagi Penulis :

1.   Menambah wawasan dan pengetahuan tentang potensi peserta didik dalam

2

bidang pendidikan, khususnya dalam meningkatkan prestasi siswa.

2.   Sebagai tambahan pengalaman serta masukan sehingga dapat menjadi bekal dalam rangka mengembangkan pelaksanaan Pendidikan di madrasah tempat tugas.

Bagi Kalangan Pendidik :

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi pada guru selaku pendidik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3


BAB II

PEMBAHASAN

 

 2.1. Pengertian Potensi Peserta Didik

·       Potensi pesrta didik

Menurut  kamus besar bahasa indonesia arti kata potensi adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya.

Potensi diri menurut Wikipedia adalah  kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.

Potensi memiliki arti yang sama dengan fitrah kemampuan dasar dan mempunyai kecenderungan untuk dapat berkembang.

Menurut  wiyono potensi adalah kemampuan dasar dari seseorang yang masih tersimpan dan menunggu untuk di keluarkan/digunakan dalam waktu nyata.  Kita lihat lagi pengertian dari ahli lain yaitu Endra K Pihadhi yang menjelaskan bahwa potensi adalah suatu energi ataupun kekuatan yang  belum digunakan secara maksimal. Maksudnya disini adalah seluruh kemampuan yang ada pada diri seseorang baik itu, minat, bakat dan lain sebagainya belum dapat dimanfaatka dengan optimal.

Bisa  disimpulkan bahwa potensi yaitu kemampuan yang belum digunakan secara optimal.

Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal formal  maupun  nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

peserta didik merupakan salah satu dari komponen pendidikan yang tidak terpisahkan, karena tanpa adanya peserta didik tidak akan mungkin proses

4

pembelajaran dapat berjalan. Peserta didik merupakan komponen manusiawi yang

menempati posisi sentral dalam proses belajar-mengajar. Didalam proses belajarmengajar, peserta didik sebagai bagian dari orang yang ingin meraih cita-cita, memiliki tujuan dan kemudian ingin mencapainya secara maksimal.

·       pandemi

pandemi adalah peristiwa menyebarnya  penyakit di seluruh dunia untuk semua Negara. Dalam hal ini Negara Indonesia yang juga terdampak dari pandemic tersebut, sehingga diharuskan untuk membatasi dari semua lini termasuk Pendidikan. Aturan daring dan PTM 50% meungkinkan kurangnya maksimal dalam pembelajaran, sehingga seorang guru maupun Lembaga harus pandai mengambil peluang untuk meningkatkan prestasi anak didik dalam  menggali potensi murid,  di MIN 7 Sragen ini diantaranya mengikuti berbagai lomba KSM,KOMPI dan Lomba Kehumasan Pramuka.

2.2. PROFIL MIN 7 SRAGEN

MIN 7 SRAGEN , merupakan Lembaga Pendidikan setingkat Sekolah Dasar yang berada di bawah Kementerian Agama, beralamatkan di Drugan RT 07 Trobayan Kalijambe sragen.

Keadaan Murid, Pendidik dan Tenaga Kependidikan pet Tahun Ajaran 2021/ 2022 yaitu:

1.     Jumlah murid kels 1 samapi dengan kelas 6 ada 378 anak yang terdiri dari L = 174  dan P = 204

Dari 378 murid tersebut tersebar dari beberapa kecamatan bahkan ada juga dari luar kabupaten, mengingat letak desa Trobayan berada di ujung barat selatan Kabupaten Sragen dimana sebelah barat merupakan Kabupaten Boyolali dan sebelah selatan Kabupaten Karanganyar

2.     Jumlah Tenaga Pendidik ada 25 termasuk Kepala Madrasah yang

5

terdiri dari L = 10 Orang dan P = 15 Orang.

Tenaga pendidik yang notabene sarjana, memungkinkan mampu menggali dari potensi peserta didik untuk meningkatkan harkat dan kompetensi peserta didik menjadi suatu prestasi yang diharapkan baik dari guru maupun orang tua murid.

3.     Jumlah Tenaga Tata Usaha ada 1 Orang ( P ) dari lulusan D3 UNS yang memiliki dedikasi yang tinggi, memungkinkan menjadi dukungan atas keberhasilan suatu Lembaga lebih khusus kepada peserta didik dalam mendukung sarana prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran  , Tenaga Kebersihan 1 Orang ( P ) dan Tenaga Keamanan 1 Orang ( L ) yang berasal dari putra daerah, memungkinkan kenyamanan dan keamanan warga madrasah.

Alamat Email : trobayanmin@yahoo.co.id / mintrobayansragen@kemenag.go.id

Website : mintrobayanku.blokspot.com

2.3   Aspek-Aspek Potensi Peserta Didik

Banyak  aspek pendidikan yang dapat ditinjau untuk menentukan keberhasilan pendidikan antara lain, adalah aspek tujuan, aspek pendidik, peserta didik, metode dan alat pendidikan, sarana-prasarana dan evaluasi pendidikan.

Disini kami akan memunculkan dari aspek pendidik dan peserta didik dimana seorang pendidik mampu menggali potensi peserta didik di tengah-tengah pandemi ini.

Pendidik atau guru harus mampu menggali bakat dan potensi yang ada pada peserta didik dalam meningkatkan keberhasilan suatu Lembaga dengan banyak prestasi yang hendak dicapainya.

Dalam kaitanya dengan hal di atas, MIN 7 Sragen mencoba menggali potensi peserta didik dengan mengikuti berbagai lomba yang diadakan oleh suatu Lembaga secara online, diantaranya;

6

1.     KSM (  
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Adapun bidang yang dilombakan untuk jenjang MI/SD adalah Matematika Terintegrasi dan IPA terintegrasi.

Lomba dilaksanakan secara online  pada tanggal 23 Agustus 2021, dan Adapun peserta lomba dari MIN 7  Sragen hanya mengambil 2 murid yaitu  Azfa Farid Hidayah  Kelas 6 mewakili Mata Pelajaran IPA Terintegrasi dan Alvio Yudha Feriyanto Kelas 6 mewakili Matematika Terintegrasi. Meskipun kedua murid tersebut belum mendapatkan juara, namun setidaknya murid mampu mengerjakan jenis-jenis soal  terintegrasi secara online.

Foto di lampiran 1

2.     KOMPI 3

Kompetisi Matematika dan Pendidikan Islam merupakan kompetisi Matematika terintegrasi Pendidikan Islam khusus bagi murid muslim di Indonesia dalam rangka meningkatkan kecerdasan otak di kepala dan otak di dada.

Lomba dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2021 dan adapun pesertanya  dari kelas 4 s.d 6 yang terdiri dari 11 murid yaitu :

No

Nama

Kelas

1

Azqa Shafa Az Zahra

4

2

Bilqis Naseera Nabhan

4

3

Nafis Ahsan Marbawi

4

4

Panggih Saputro

4

5

Shafira Wiyudono

4

6

Aryanti Eka Qonita

5

7

Danish Mayesa Al Zafar

5

 

 

 

8

Akbar Al Baihaqi Nur Ardiyanto

6

9

Alvio Yudha Feriyanto

6

10

Aqilla Amir Mayyasa Fauzia

6

11

Azfa Farid Hidayah

6

 

3.     Lomba Kehumasan Pramuka

Lomba ini khusus peserta didik anggota Gerakan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega dengan Tema “ Peran PRAMUKA dalam BERBAKTI TANPA HENTI di masa Pandemi Covid-19”

            Karena kami dari anak-anak MI  tentunya ikut dalam kategori Siaga yang terdiri dari satu regu dan Adapun lomba yang diselenggarakan untuk Siaga yaitu Lomba Video Jurnalistik dalam format file MP4 maksimal 25MB

            Lomba dimulai dari tanggal 1 Oktober 2021 dan ditutup pada tanggal 22 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB. Pengiriman Karya foto maupun Video ke E Mail  ; lombakehumasankwarnas2021@gmail.com

            Adapun kegiatan yang dilaksanakan dari regu MIN 7 Sragen diantaranya yaitu; membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu di lingkungan MIN 7 Sragen, membagikan masker kepada masyarakat dan juga bagi pengguna jalan yang melintasi diantara jalan raya dekat Madrasah,

            Semua bentuk foto dan video telah kami kirimkan ke alamat di atas pada tanggal 22 Oktober 2021 pukul 20:00 WIB. Dan tentunya besar harapan kami untuk memperoleh peringkat atas dalam lomba ini.

 

 

8


4.     Omatiq

Omatiq atau Olimpiade Matematika dan Al Quran Nasional dikhususkan bagi anak didik dari kalangan yatim dan dhuafa

Lomba ini merupakan lomba yang diperuntukkan bagi peserta didik berprestasi namun dari kalangan keluarga yati,piatu dan dhuafa. Dari sekian banyak murid ada pula keluarga yang berprestasi namun dari kalangan dhuafa dan yatim. Namun demikian tidak mengurangi semangat seorang peserta didik dalam menggapai cita-cita. Di MIN 7 terdapat juga murid berprestasi namun di kalangan kurang mampu. Dan alhamdulilah ada Lembaga yang menyiasati murid-murid tersebut untuk naik melangkah untuk menggapai harapan yang lebih baik.

Lomba kali ini dilaksakan mulai tanggal 18 September  sampai dengan 3 Oktober 2021. Dari MIN 7 Sragen ada dua anak yang mewakili dalam lomba yaitu : Ayla Sekar Kenconowati Kelas IV dan Syafira Aisyah Wiyudono Kelas 3. Dan alhamdulilah kedua anak tersebut lolos di penyisihan dan insyaAllah akan maju di tingkat semi final di Yogyakarta tanggal 5 sampai 6 Nopember 2021.


 

 

BAB III

PENUTUP

 

Kesimpulan

Berdasarkan paparan diatas seorang pendidik dalam hal ini  seorang guru harus mampu menggali dan mencermati potensi-potensi yang ada pada diri peserta didik sehingga dengan mudah mengarahkan ke bakat dan minat khususnya dalam peningkatan prestasi murid/peserta didik yang sekaligus prestasi madrasah.

Saran

Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini banyak sekali kesalahan, maka dari itu saya minta kritik dan saran yang bersifat membangun untuk hal yang lebih baik untuk menuju Langkah berikutnya.

Penulis juga menyarankan supaya semua guru dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan profesinya sebagai guru, dengan menggali potensi-potensi yang ada pada peserta didik supaya lahir anak didik yang cerdas dan berguna bagi bangsa dan negara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmad Sufyan:9 Juli 2017. http://teropongpelajar.blogspot.com/2017/07/pengertian-potensi-serta-cara-menggali-potensi.html diakses pada tanggal 09 Oktober 2021

 

Pak Guru,19 September 2021https://pendidikan.co.id/pengertian-potensi-diri/ diakses pada tanggal 09 Oktober 2021

 

Dheny ,09 Juli 2020.https://info.sekolah.mu/tips/menggali-potensi-anak-di-masa-pandemi-yuk-temani-anak-menjadi-sukses-sejak-dini/ diakses pada tanggal 09 Oktober 2021

 

Daniel Yonathan Missa,31 Agustus 2014,https://www.kompasiana.com/atonimeto/54f5eafaa3331198718b4692/potensi-peserta-didik diakses pada tanggal 09 Oktober 2021

 

Nurikasandi.blogspot.comhttp://nurikasandi.blogspot.com/2018/02/cara-mengembangkan-potensi-peserta-didik.html diakses pada tanggal 09 Oktober 2021

 

 

 

 

 

 

 

11

 

LAMPIRAN 1


 

                    

 


LAMPIRAN 2.1

 

LAMPIRAN 2.2

 

 

 

 

 

 

 

 


LAMPIRAN 3


 


   

LAMPIRAN 3.2

 

 


 

LAMPIRAN 4

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS