ANUGRAH GTK 2021
ANUGERAH GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
MADRASAH BERPRESTASI
TAHUN 2021
MENGGALI POTENSI PESERTA DIDIK PADA MASA
PANDEMI DI MIN 7 SRAGEN
Makalah disampaikan dalam rangka mengikuti
“ Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi ” Tahun 2021
Disusun Oleh
Nama : Azis Salimi,S.Ag
NIP. :
197005031998031003
NUPTK :7835
7486 5021 0132
Jabatan : Guru
MIN 7 SRAGEN
DRUGAN RT 07 TROBAYAN KALIJAMBE SRAGEN JAWA
TENGAH
i
KATA PENGANTAR
Bismillaahirrahmaanirrahim,
Alhamdulillah,
segala puja penulis panjatkan kehadirat
Allah SWT, karena hanya berkat rahmat dan karunia-Nya, telah memberi kemudahan dalam menyusun
makalah ini guna memenuhi tugas dalam keikutseraan “ Anugerah Guru dan Tenaga
Kependidikan Madrasah Berprestasi Tahun 2021” sehingga makalah ini dapat kami
selesaikan dengan baik.
Sholawat
dan salam semoga tetap tercurahkan kepada
Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari jalan yang penuh
kegelapan ke jalan yang penuh dengan cahaya yaitu Agama Islam.
Mungkin terdapat kesalahan dan kekurangannya, penulis
sebagai manusia biasa yang tak terlepas dari kesalahan dan kekurangan, sangat
mengharapkan bimbingan dan kritik dari berbagai pihak, dengan harapan penulis
dapat menyempurnakan segala kesalahan dan kekurangan dari makalah ini.
Oleh
karena itu sudah sepatutnya jika penulis menyampaikan ucapan terima kasih, rasa
hormat dan penghargaan kepada :
1. Kepala MIN 7 Sragen Siti Marwiyah,S.Ag, M.Pd.I
2. Teman-teman guru dan karyawan MIN 7 Sragen.
Hanya untaian do’a yang dapat kami
panjatkan semoga amal baik rekan-rekan
di terima oleh Allah SWT. Dan menjadi amal saleh yang senantiasa
mengalir keharibaan penguasa alam semesta.
Akhirnya kami menyadari bahwa makalah
ini masih jauh sekali dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang
mampu membangkitkan jiwa kami, sangat diharapkan. Mudah-mudahan makalah ini mamapu memberi manfaat serta menunjang
ilmu pengetahuan bagi penullis khususnya dan bagi para guru lainnya. Serta senantiasa
mendapat ridho Allah SWT. Amin.
Sragen, Oktober
2021
ii
DAFTAR
ISI
Halaman Judul ……………………………………………………………… Kata Pengantar ……………………………………………………………… Daftar isi …………………………………………………………………… |
i ii iii |
BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………. 1.1 Latar Belakang Masalah ………………………………………………. 1.2 Rumusah Masalah …………………………………………………… 1.3 Tujuan Penulisan ………………………………………………………. 1.4 Manfaat Penulisan …………………………………………………… |
1 2 2 2 2 |
BAB II PEMBAHASAN …………………………………………………… 2.1 Pengertian Potensi Peserta Didik dan Pandemi……………………. 2.2 profil MIN 7 Sragen ……………………………………………… 2.3 Aspek-Aspek Potensi Peserta Didik……………………………………. |
4 6 7 8 |
BAB III : Penutup ………………………………………………………… A. Kesimpulan …………………………………………………………… B. Saran ………………………………………………………… |
9 9 9 |
Daftar Pustaka …………………………………………………… |
10 |
iii
BAB
I
PENDAHULUAN
· Latar Belakang Masalah
Upaya
peningkatan mutu pendidikan dilakukan dengan menetapkan tujuan dan standar
kompetensi pendidikan. Dalam kaitannya dengan pendidikan, kompetensi
menunjukkan kepada perbuatan yang bersifat rasional untuk mencapai suatu tujuan
yang sesuai dengan kondisi yang diharapkan.
Kompetensi
(kemampuan) bisa diperoleh melalui
proses pendidikan atau latihan, termasuk halnya indicator keberhasilan peserta
didik tidak terlepas dari menggali potensi peserta didik yang masih terpendam
untuk dikeluarkan hingga membuahkan hasil yang sangat luar biasa.
Pemikiran
semacam itu yang penulis melatarbelakangi menggali sejauh mana potensi peserta
didik dari sekian banyak untuk digali tentunya dengan beberapa percobaan dan
Latihan.
Kompetensi
(kemampuan) ini diperoleh melalui proses pendidikan atau latihan. Salah satu
faktor yang paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar adalah guru.
Seorang guru perlu memiliki kemampuan untuk mengorganisasi ide-ide yang
dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan minat
gairah serta semangat belajar mereka.
Guru sebagai
penggali potensi dimaksud adalah guru yang mampu menentukan , dan menemukan
bakat diri peserta didik untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu
mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan
prastasi belajar siswa yang baik.
1
Guru
mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi pada
perkembangan peserta didik dalam hal ini kaitanya dengan Pendidikan juga
membantu proses perkembangan siswa.
Prestasi
belajar merupakan hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses
kegiatan belajar mengajar. Setiap kegiatan pembelajaran tentunya selalu
mengharapkan akan mengahasilkan pembelajaran yang maksimal.
Berhasil atau tidaknya
seorang anak dalam pendidikan tergantung pada proses
belajar yang dialami oleh anak tersebut.
Dalam
hal ini, campur tangan gurulah yang
sangat di nanti, sehingga sukses melahirkan kader-kader pengubah bagi Indonesia
masa depan yang lebih maju
Dari
beberapa paparan diatas maka penulis dalam hal ini akan mengadakan kajian atau
penelitian yang berjudul “Menggali
Potensi Peserta Didik pada Masa Pandemi di MIN 7 Sragen”
· Rumusan Masalah
Bertolak dari latar uraian di atas,
maka masalah-masalah yang dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana seorang pendidik mampu menggali potensi
peserta didik pada masa pandemi?
· Tujuan Penulisan
Tujuan penelitian adalah :
1. Untuk mengetahui seorang pendidik dalam menggali
potensi peserta didik di masa pandemi.
· Manfaat Penulisan
Penulisan ini mempunyai beberapa
kegunaan penelitian, di antaranya adalah:
Bagi Penulis :
1. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang potensi
peserta didik dalam
2
bidang pendidikan, khususnya dalam meningkatkan
prestasi siswa.
2. Sebagai tambahan pengalaman serta masukan sehingga
dapat menjadi bekal dalam rangka mengembangkan pelaksanaan Pendidikan di
madrasah tempat tugas.
Bagi Kalangan Pendidik :
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi pada guru selaku pendidik
untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik.
3
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Potensi Peserta Didik
·
Potensi
pesrta didik
Menurut kamus besar bahasa indonesia arti kata potensi
adalah kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan;
kesanggupan; daya.
Potensi diri menurut Wikipedia adalah kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud
maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya
terlihat atau dipergunakan secara maksimal.
Potensi memiliki arti yang sama dengan fitrah
kemampuan dasar dan mempunyai kecenderungan untuk dapat berkembang.
Menurut wiyono potensi adalah kemampuan dasar dari
seseorang yang masih tersimpan dan menunggu untuk di keluarkan/digunakan dalam
waktu nyata. Kita lihat lagi pengertian dari ahli lain yaitu Endra K
Pihadhi yang menjelaskan bahwa potensi adalah suatu energi ataupun kekuatan
yang belum digunakan secara maksimal. Maksudnya disini adalah seluruh
kemampuan yang ada pada diri seseorang baik itu, minat, bakat dan lain
sebagainya belum dapat dimanfaatka dengan optimal.
Bisa
disimpulkan bahwa potensi yaitu kemampuan yang belum digunakan secara optimal.
Peserta
didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri
melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, formal maupun nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.
peserta didik merupakan salah satu dari komponen pendidikan yang tidak terpisahkan,
karena tanpa adanya peserta didik tidak akan mungkin proses
4
pembelajaran dapat berjalan. Peserta didik merupakan komponen manusiawi
yang
menempati posisi sentral dalam proses belajar-mengajar. Didalam proses
belajarmengajar, peserta didik sebagai bagian dari orang yang ingin meraih
cita-cita, memiliki tujuan dan kemudian ingin mencapainya secara maksimal.
·
pandemi
pandemi adalah peristiwa
menyebarnya penyakit di seluruh dunia untuk semua Negara. Dalam hal ini
Negara Indonesia yang juga terdampak dari pandemic tersebut, sehingga
diharuskan untuk membatasi dari semua lini termasuk Pendidikan. Aturan daring
dan PTM 50% meungkinkan kurangnya maksimal dalam pembelajaran, sehingga seorang
guru maupun Lembaga harus pandai mengambil peluang untuk meningkatkan prestasi
anak didik dalam menggali potensi
murid, di MIN 7 Sragen ini diantaranya
mengikuti berbagai lomba KSM,KOMPI dan Lomba Kehumasan Pramuka.
2.2. PROFIL MIN 7 SRAGEN
MIN 7 SRAGEN , merupakan Lembaga Pendidikan
setingkat Sekolah Dasar yang berada di bawah Kementerian Agama, beralamatkan di
Drugan RT 07 Trobayan Kalijambe sragen.
Keadaan Murid, Pendidik dan Tenaga Kependidikan pet
Tahun Ajaran 2021/ 2022 yaitu:
1. Jumlah murid kels 1 samapi dengan kelas 6 ada 378
anak yang terdiri dari L = 174 dan P = 204
Dari
378 murid tersebut tersebar dari beberapa kecamatan bahkan ada juga dari luar
kabupaten, mengingat letak desa Trobayan berada di ujung barat selatan
Kabupaten Sragen dimana sebelah barat merupakan Kabupaten Boyolali dan sebelah
selatan Kabupaten Karanganyar
2. Jumlah Tenaga Pendidik ada 25 termasuk Kepala
Madrasah yang
5
terdiri
dari L = 10 Orang dan P = 15 Orang.
Tenaga
pendidik yang notabene sarjana, memungkinkan mampu menggali dari potensi
peserta didik untuk meningkatkan harkat dan kompetensi peserta didik menjadi
suatu prestasi yang diharapkan baik dari guru maupun orang tua murid.
3. Jumlah Tenaga Tata Usaha ada 1 Orang ( P ) dari
lulusan D3 UNS yang memiliki dedikasi yang tinggi, memungkinkan menjadi
dukungan atas keberhasilan suatu Lembaga lebih khusus kepada peserta didik
dalam mendukung sarana prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran , Tenaga Kebersihan 1 Orang ( P ) dan Tenaga
Keamanan 1 Orang ( L ) yang berasal dari putra daerah, memungkinkan kenyamanan
dan keamanan warga madrasah.
Alamat Email : trobayanmin@yahoo.co.id / mintrobayansragen@kemenag.go.id
Website : mintrobayanku.blokspot.com
2.3 Aspek-Aspek
Potensi Peserta Didik
Banyak aspek pendidikan yang
dapat ditinjau untuk menentukan keberhasilan pendidikan antara lain,
adalah aspek tujuan, aspek pendidik, peserta didik, metode
dan alat pendidikan, sarana-prasarana dan evaluasi pendidikan.
Disini kami akan memunculkan dari aspek pendidik
dan peserta didik dimana seorang pendidik mampu menggali potensi peserta didik
di tengah-tengah pandemi ini.
Pendidik atau guru harus mampu menggali bakat dan
potensi yang ada pada peserta didik dalam meningkatkan keberhasilan suatu
Lembaga dengan banyak prestasi yang hendak dicapainya.
Dalam kaitanya dengan hal di atas, MIN 7 Sragen
mencoba menggali potensi peserta didik dengan mengikuti berbagai lomba yang
diadakan oleh suatu Lembaga secara online, diantaranya;
6
1. KSM (
Kompetisi Sains
Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi
dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik
Indonesia. KSM ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai
wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Adapun bidang yang dilombakan untuk jenjang MI/SD
adalah Matematika Terintegrasi dan IPA terintegrasi.
Lomba dilaksanakan secara online pada tanggal 23 Agustus 2021, dan Adapun
peserta lomba dari MIN 7 Sragen hanya
mengambil 2 murid yaitu Azfa Farid
Hidayah Kelas 6 mewakili Mata Pelajaran
IPA Terintegrasi dan Alvio Yudha Feriyanto Kelas 6 mewakili Matematika
Terintegrasi. Meskipun kedua murid tersebut belum mendapatkan juara, namun
setidaknya murid mampu mengerjakan jenis-jenis soal terintegrasi secara online.
Foto di lampiran 1
2. KOMPI 3
Kompetisi Matematika dan Pendidikan Islam merupakan
kompetisi Matematika terintegrasi Pendidikan Islam khusus bagi murid muslim di
Indonesia dalam rangka meningkatkan kecerdasan otak di kepala dan otak di dada.
Lomba dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2021 dan
adapun pesertanya dari kelas 4 s.d 6
yang terdiri dari 11 murid yaitu :
No |
Nama |
Kelas |
1 |
Azqa Shafa Az Zahra |
4 |
2 |
Bilqis Naseera Nabhan |
4 |
3 |
Nafis Ahsan Marbawi |
4 |
4 |
Panggih Saputro |
4 |
5 |
Shafira Wiyudono |
4 |
6 |
Aryanti Eka Qonita |
5 |
7 |
Danish Mayesa Al Zafar |
5 |
|
|
|
8 |
Akbar Al Baihaqi Nur Ardiyanto |
6 |
9 |
Alvio Yudha Feriyanto |
6 |
10 |
Aqilla Amir Mayyasa Fauzia |
6 |
11 |
Azfa Farid Hidayah |
6 |
3. Lomba Kehumasan Pramuka
Lomba ini khusus peserta didik anggota Gerakan
Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega dengan Tema “ Peran PRAMUKA
dalam BERBAKTI TANPA HENTI di masa Pandemi Covid-19”
Karena kami dari anak-anak MI tentunya ikut dalam kategori Siaga yang
terdiri dari satu regu dan Adapun lomba yang diselenggarakan untuk Siaga yaitu
Lomba Video Jurnalistik dalam format file MP4 maksimal 25MB
Lomba dimulai dari tanggal 1 Oktober
2021 dan ditutup pada tanggal 22 Oktober 2021 pukul 23.59 WIB. Pengiriman Karya
foto maupun Video ke E Mail ; lombakehumasankwarnas2021@gmail.com
Adapun kegiatan yang dilaksanakan
dari regu MIN 7 Sragen diantaranya yaitu; membagikan sembako kepada masyarakat
kurang mampu di lingkungan MIN 7 Sragen, membagikan masker kepada masyarakat
dan juga bagi pengguna jalan yang melintasi diantara jalan raya dekat Madrasah,
Semua bentuk foto dan video telah
kami kirimkan ke alamat di atas pada tanggal 22 Oktober 2021 pukul 20:00 WIB.
Dan tentunya besar harapan kami untuk memperoleh peringkat atas dalam lomba
ini.
8
4.
Omatiq
Omatiq atau Olimpiade Matematika dan
Al Quran Nasional dikhususkan bagi anak didik dari kalangan yatim dan dhuafa
Lomba ini merupakan lomba yang
diperuntukkan bagi peserta didik berprestasi namun dari kalangan keluarga
yati,piatu dan dhuafa. Dari sekian banyak murid ada pula keluarga yang
berprestasi namun dari kalangan dhuafa dan yatim. Namun demikian tidak
mengurangi semangat seorang peserta didik dalam menggapai cita-cita. Di MIN 7
terdapat juga murid berprestasi namun di kalangan kurang mampu. Dan
alhamdulilah ada Lembaga yang menyiasati murid-murid tersebut untuk naik
melangkah untuk menggapai harapan yang lebih baik.
Lomba kali ini dilaksakan mulai
tanggal 18 September sampai dengan 3
Oktober 2021. Dari MIN 7 Sragen ada dua anak yang mewakili dalam lomba yaitu :
Ayla Sekar Kenconowati Kelas IV dan Syafira Aisyah Wiyudono Kelas 3. Dan
alhamdulilah kedua anak tersebut lolos di penyisihan dan insyaAllah akan maju
di tingkat semi final di Yogyakarta tanggal 5 sampai 6 Nopember 2021.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan paparan diatas seorang
pendidik dalam hal ini seorang guru
harus mampu menggali dan mencermati potensi-potensi yang ada pada diri peserta
didik sehingga dengan mudah mengarahkan ke bakat dan minat khususnya dalam
peningkatan prestasi murid/peserta didik yang sekaligus prestasi madrasah.
Saran
Penulis menyadari bahwa dalam
pembuatan makalah ini banyak sekali kesalahan, maka dari itu saya minta kritik
dan saran yang bersifat membangun untuk hal yang lebih baik untuk menuju
Langkah berikutnya.
Penulis juga menyarankan supaya semua
guru dapat meningkatkan kemampuan dalam menjalankan profesinya sebagai guru,
dengan menggali potensi-potensi yang ada pada peserta didik supaya lahir anak
didik yang cerdas dan berguna bagi bangsa dan negara.
10
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Sufyan:9 Juli 2017. http://teropongpelajar.blogspot.com/2017/07/pengertian-potensi-serta-cara-menggali-potensi.html diakses pada
tanggal 09 Oktober 2021
Pak Guru,19 September 2021https://pendidikan.co.id/pengertian-potensi-diri/ diakses pada tanggal 09 Oktober 2021
Dheny ,09 Juli 2020.https://info.sekolah.mu/tips/menggali-potensi-anak-di-masa-pandemi-yuk-temani-anak-menjadi-sukses-sejak-dini/ diakses pada tanggal 09 Oktober 2021
Daniel Yonathan Missa,31 Agustus 2014,https://www.kompasiana.com/atonimeto/54f5eafaa3331198718b4692/potensi-peserta-didik diakses pada tanggal 09 Oktober 2021
Nurikasandi.blogspot.comhttp://nurikasandi.blogspot.com/2018/02/cara-mengembangkan-potensi-peserta-didik.html diakses pada tanggal 09 Oktober 2021
11
LAMPIRAN
1
LAMPIRAN
2.1
LAMPIRAN
2.2
LAMPIRAN
3
LAMPIRAN
3.2
LAMPIRAN
4